Tujuh Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika

March 29, 2009 · Posted in Tips Belajar 

Belajar matematika dengan cara membaca dan menghafal tidaklah cukup. Matematika bukan ilmu hafalan. Kunci untuk berhasil dalam mengerjakan soal matematika adalah dengan banyak latihan. Latihan dan terus latihan. Ketika Anda sudah banyak berlatih, secara otomatis rumus-rumus juga akan masuk ke otak Anda. Sehingga Anda tidak perlu menghafal rumus demi rumus. Namun, kadang-kadang kita juga harus tetap bisa menghafal supaya dapat mengerjakan dengan cepat.

Belajar Matematika Belajar Menghafal ?

Tidak usah khawatir karena Anda tidak bisa menghafal. Logikanya begini. Anda pasti hafal diluar kepala bahwa 5 x 5 =25. Padahal itu Anda pelajari beberapa tahun yang lalu. Mengapa Anda masih ingat ? Padahal Anda tidak menghafal terus menerus. Hampir sama ketika Anda mempelajari rumus-rumus trigonometri atau rumus-rumus integral. Ketika  Anda pertama kali mempelajari rumus-rumus pasti kelihatan sulit. Tetapi ketika Anda membiasakan diri untuk berlatih dan terus berlatih semakin lama Anda tidak perlu menghafal karena memori otak Anda sudah menyimpan rumus-rumus tersebut ketika Anda berlatih dan menggunakannya.

Nah, pada posting kali ini saya akan memberikan tujuh kesalahan yang paling sering dilakukan siswa ketika mengerjakan soal matematika terutama ketika menghadapi ujian. Saya pilih siswa karena sebentar lagi siswa-siswi kelas XII akan menghadapi ujian nasional yang secara langsung menentukan masa depan mereka. Terlebih matematika masih dijadikan momok pelajaran yang menakutkan.

Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan ini diharapkan para siswa semakin tahu bagaimana seharusnya belajar matematika. Sehingga para siswa merasa asyik dan menikmati ketika belajar matematika. Dan tentu saja  kesalahan-kesalahan ini tidak akan dilakukan. Berikut tujuh kesalahan yang dilakukan para siswa ketika belajar matematika atau ketika mau menghadapi ujian matematika.

1. Tidak Belajar Sama Sekali dan Terlalu Percaya Diri
Beberapa siswa sering merasa yakin dengan latihan-latihan yang telah dilakukan sebelumnya. Sehingga pada waktu mendekati ujian mereka tidak belajar sama seklai. Ini merupakan kesalahan fatal yang sering dilakukan siswa.  Meskipun Anda cerdas dan pandai, namun alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan diri sebaik mungkin, karena segala sesuatu bisa terjadi pada waktu ujian. Ingat kajinan juga berpengaruh terhadap keberhasilan Anda. SUKSES = RAJIN + CERDAS.

doingmath

Selain itu, jika siswa tidak belajar sama sekali, maka segala cara kemudian ditempuh, misalnya: membuat contekan, mengandalkan teman sebelahnya atau mengisi jawaban apa adanya alias “ngawur”. Nah, kalau sudah begini sangat fatal. Ingat jika Anda ketahuna mencontek atau bekerja sama banyak kerugian yang akan Anda alami. Lebih baik persiapan belajar dan mengerjakan sesuai dengan kemampuan Anda.

2. Belajar Matematika dengan Menghafal dan Tanpa Latihan
Seperti sudah saya jelaskan di atas, bahwa belajar matematika bukan belajar menghafal. Salah jika Anda belajar matematika tanpa latihan, karena sebenarnya banyak hal yang akan Anda temukan ketika latihan. Porsi untuk membaca dan latihan menurut saya adalah 20 % untuk membaca konsep dan 80 % untuk latihan. Jangan terlalu banyak membaca konsep karen tidak akan membuat mahir atau terampil mengerjakan soal-soal matematika. Ingat soal-soal matematika bukanlah konsep semata, tetapi lebih banyak soal yang berkaitan ketrampilan Anda menggunakan rumus, logika dan menyimpulkan sesuatu.

3. Tidak Teliti
Sayang benar jika Anda bisa mengerjakan sebuah soal matematika dengan lengkap, tetapi Anda merasa kecewa karena setelah Anda keluar dari ruang ujian Anda baru menyadari bahwa jawaban Anda salah pada baris terakhir saja. Anda sudah mengerjakan dengan susah payah, tetapi karena ketidaktelitian membuat jawaban Anda salah. Misalnya: 1+(-10) menjadi 9, padahal hanya kurang tanda (-) saja, betapa itu sangat mengecewakan jika itu terjadi pada Anda.

Meskipun Anda pintar dan melakukan banyak persiapan, namun jika Anda tidak teliti juga akan percuma. Terlebih jika semua soal adalah soal pilihan ganda, yang ditentukan dengan jawaban benar atau salah saja. Fatal akibatnya jika Anda tidak teliti. Apakah Anda pernah mengalami seperti hal ini ?

4. Terburu-buru
Banyak siswa yang sering melakukan kesalahan ini. Biasanya kesalahan ini dilakukan karena siswa ingin segera menyelesaiakan soal matematika dengan cepat dan ingin mendapat nilai maksimal. Namun karena terburu-buru banyak kesalahan-kesalahan sepele yang dilakukan. Misalnya ketika mengerjakan soal urain, ada yang salah, kemudian dihapus/di tipex, sambil menunggu kemudian mengerjakan soal yang lain. Karena terburu-buru, maka jawaban yang ingin diperbaiki menjadi kosong dan tidak jadi diperbaiki. Fatal bukan ?

5. Tidak Memperhatikan Petunjuk Soal dan Lupa Menulis Identitas Diri
Ketika Anda mau mengerjakan soal-soal matematika, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu petunjuk soalnya. Siapa tahu ada aturan atau petunjuk-petunjuk yang baru atau tidak seperti petunjuk sebelumnya. Misalnya skor setipa nomor, skornya 1 atau 4, jika salah -1 dan lain-lainnya.

6. Mengerjakan Tidak dengan Prioritas dan Tanpa Strategi
Kecenderungan siswa dalam mengerjakan soal matematika biasanya cenderung mengerjakan dari nomor 1 dan tidak memperhatikan soal-soal yang lain. Akibatnya jika nomor 1 kebetulan soal yang sulit, maka pada bagian awal Anda sudah membuat kesalahan. Selain itu Anda akan cenderung emosi semisal Anda tidak memperoleh jawabannya. Ada tipe  pembuat soal yang seperti ini, yang digunakan untuk menguji psikologis siswa. Sebaiknya Anda hati-hati dalam menghadapi tipe-tipe soal yang sulit dan ditaruh di bagian awal soal.

Sebaiknya, Anda lihat terlebih dahulu semua soal, jumlah halaman, lengkap atau tidak, prioritaskan soal-soal yang mudah menurut Anda, baru kemudian mengerjakan soal-soal yang sulit. Setelah itu Anda hitung kemungkinan Anda bia mengerjakan berapa soal. Sudah tuntas belum ?

7. Mengerjakan dengan Coba-coba dan Menghafalkan Rumus Praktis
Memang tidak salah jika Anda mengerjakan soal dengan coba-coba. Beberapa soal memang lebih cepat jika dikerjakan dengan coba-coba terutama untuk soal pilihan ganda. Misalnya soal, program linear, soal sistem persamaan linear dan lain-lain. Tetapi saran saya, sebaiknya Anda juga harus hati-hati dengan tipe-tipe soal seperti ini. Kadang-kadang juga ada soal yang bisa dikerjakan dengan coba-coba tetapi akhirnya menjebak Anda. Selain itu, ada soal dengan tipe ini yang dikerjakan lebih lama daripada dengan langkah-langkah biasa.

Saya tidak melarang Anda menggunakan rumus praktis atau cara cepat. Memang ada tipe soal yang dapat dikerjakan dengan rumus praktis. Tetapi perhatikan bahwa rumus prakits tidak berlaku untuk semua soal, hanya untuk soal dengan tipe tertentu saja.

Kiranya sudah terlalu banyak saya menuliskan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan ketika mengerjakan soal terutama soal matematika dan beberapa saran untuk Anda. Saran saya dalam mengerjakan soal matematika sebaiknya Anda harus:
1. Percaya Diri
2. Mengerjakan dengan Strategi
3. Persiapan Diri dengan Banyak Berlatih

Mungkin Anda memiliki kesalahan lain dan saran-saran lain silahkan Anda tuliskan pada kotak komentar di bawah ini. Tujuh di atas bukan angka keramat, hanya untuk mempermudah mengingat saja dan jika ada tambahan bisa menjadi delapan atau sembilan dan seterusnya.

Selamat Belajar Bagi Siswa-siswa Kelas XII

Semoga Berhasil dalam UN 2009



Untuk pembelian koleksi soal dan pembahasan dari Istiyanto dapat menghubungi: email: istiyanto[at]ymail.com atau SMS/TELP.: 081227992609. Daftar koleksi soal yang dapat dibeli silakan klik disini.

Comments

60 Responses to “Tujuh Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika”

  1. ume on March 29th, 2009 5:19 am

    tolong dong bagaimana cara menganalisis soal matematika karena saya sering kesulitan dalam mengarjakan soal karena ga’ tau dg maksud soal. Thx u for information

  2. istiyanto on March 29th, 2009 5:31 am

    @ume: biasakan diri untuk banyak latiha. Karena dengan latihan Anda juga akan belajar menganalisis suatu soal. Biasakan juga untuk mengerjakan soal matematika tanpa melihat kunci jawaban terlebih dahulu. Supaya Anda juga terbiasa untuk mengguanakan pikiran secar maksimal.

  3. chika on April 3rd, 2009 10:29 pm

    tolong donk, kasih tips bagaimana cara menghilangkan rasa nervous waktu menghadapi ujian!

  4. mesy on April 9th, 2009 12:05 am

    gimana sih bwt dapetin nilai mtk 10 gw klo ngerjain pasti aja ada aja yg gw bisa 3 or 4 nomor

  5. agus utama on May 5th, 2009 6:22 am

    SIP majukan generasi bangsa yang cerdas

  6. Berkut on May 11th, 2009 1:50 pm

    Tq for the information, sangat membantu lho ^^

  7. gunadi on June 2nd, 2009 8:31 pm

    tolong soal bwt klas 3 sd, terutama matematika, kirimke email saya y

  8. Reta D on June 10th, 2009 8:50 pm

    Saya terlalu ambisi .. T_T

  9. novi on June 19th, 2009 9:48 am

    Tolong Saya dikirimi soal soal kelas 3 matematika ya.dikirim ke email saya novirahman05@yahoo.com tak tunggu lho …..makasih

  10. Najla on June 22nd, 2009 3:40 am

    Keren abis… thanks mau share informasi secara ikhlas.

    Majulah indonesiaku..

  11. irma on June 30th, 2009 2:32 am

    cara mendapatkan
    soal-soal matematika
    gimana???

  12. m.faisal tanjung on July 11th, 2009 1:05 pm

    gi mana seh caranya,untuk bisa mahir belajar matematika????????

  13. chocolicoutta on August 21st, 2009 12:22 am

    gimana ya biar kita bisa benar-benar memahami konsep yang ada? terus kalo misal latian lalu ga bisa ngerjain sering tak lewati atau tak tinggal, otomatis saya hanya bisa mengerjakan soal-soal yang mudah saja, apa yang harus saya lkukan?

  14. feri on September 6th, 2009 4:44 am

    tolong donk gmn cranya supaya lebih tliti dlm ngrjain soal2 matematika gw sring kali krng teliti n akhirnya ga dpt nilai 100 mlhan gw prnah dapt nilai jlek
    tolong dikirim k e-mail saya
    feri.kris@gmail.com

  15. agung on September 9th, 2009 12:59 am

    penalaran anak anak sd untuk soal soal cerita matematika yang membahas pemecahan permasalahan sehari-hari masih sangat perlu ditingkatkan. terimakasih atas sharringnya.

  16. Felicia MH on September 10th, 2009 2:47 pm

    tolong beri cara praktis untuk belajat pintar matematika…..

  17. kamal on October 4th, 2009 4:03 pm

    tips mudah ngerjain soal-soal mtk

  18. kamal on October 4th, 2009 4:09 pm

    contolx soal dong persaman linear 3 varibel kirim ke e-mailku u_nyji@yahoo.com (kirim sekarang) ok Q tungguin y sekarang! thank’s b4

  19. mira on October 30th, 2009 7:11 am

    gi mna c, cara2 y tuk belajar mahir matematika.
    tlong krim ke email saya yach….*_* thx……!!!
    mirafriyanti@yahoo.com

  20. nurul fitria insani on November 4th, 2009 11:31 am

    hadoohh.. bner bgtt niiiee… ada jg yg sesuai ma gw.. hahahaha..
    soal nya mna siii?? hehehehe… pngen mnta soal nya donk.. gmn??
    ^_^

  21. nadilah kathania on November 16th, 2009 12:12 pm

    wahh..wahh bener banget tuhh,no.1..suka banget deh,bisa bikin aku tamabah berubah terutama ngerjain matematika! hihi.. :)

  22. Dsn Go..;..; on November 22nd, 2009 10:09 am

    Cara agr lho lbh tliti bc soal plan2x smpe ngrti
    Che skian>

  23. fhily on December 2nd, 2009 4:30 am

    sankyu..

    post ini berguna banget buat yang akan mengikuti ujian…

    supaya tidak melkakukan kesalahan :) ^^

  24. fhily on December 2nd, 2009 4:34 am

    ada yang punya tips buat ngerjain soal matematika dengan mudah gak????

    kirim ke e-mailku

    fhiluvhe@rocketmail.com..

    sankyu :D

  25. azen on December 2nd, 2009 4:34 am

    thanks yach buat informasinya’ soalnya memang kesalahan yang paling sering aku lakukan adalah 7 kesalahan itu…

  26. ayen21 on December 2nd, 2009 4:39 am

    Jangan lupa enjoy aja…
    Jangan terlalu tegang…. dan selalu berdoa dalam hati.
    good luck, GOOD BETTER BEST… We MUST BE THE BEST…and God Make US the BEST^_^

  27. Pricillia Simboh on December 2nd, 2009 4:43 am

    Okey,,,
    Yach,klu githu qta harus enjoy untuk bljr matematika…
    soalx,,walaupun qta bljr dan bx lthan tp,qta ngak enjoy,,,sama aja…
    So,,,enjoy to study that…
    and Keep Trying…
    Even though,,,
    That’s very difficult….

    Keep spirit,,,For Senior High schooL…
    _All of Us can do it_
    Must be the best…

  28. Muty on December 16th, 2009 11:50 am

    Bener banget tuh,, tapi gimana y? caranya biar kita senang belajas matematika?thank’s

  29. Dika Prasetyo on December 22nd, 2009 10:03 am

    ehm………
    Kalo latihan Matematika dengan nyatet yg penting2, bisa cepet hafal gak??
    Thx ya….

  30. jamal on January 9th, 2010 12:41 pm

    maturnuwun tulisannya semoga bermanfaat kepada siswa-siswa kami selamat berjuang

  31. JEINS on January 10th, 2010 12:07 am

    Thank”z ya.dgn ini aq bisa memperbaiki diri q.tapi no 2 gymana ya tips belajar dgn latihan yang enak and tdk ngebosenin.soalx klu belajar matematika aq cuma membaca klu latihan capek.maka dari itw aq minta tips dari kamu tolong……………..d kirimin ya……………d email ini:jeinsreimas@yahoo.com

  32. boobe on January 13th, 2010 3:32 pm

    Bagus Infonya,… Ini benar-benar menyadarkan saya dalam menjawab Soal Matematika. Untuk bisa Intropeksi.

    Mohon ijin Co-pas ya…

  33. lina on January 15th, 2010 2:32 am

    thankss…. buat sarannnya…
    berguna jg bwt saiia yang sudah duduk dibangku perkuliahan selama ngerjai uas matika….
    ^_^

  34. maharditya on January 19th, 2010 10:50 am

    knp sih soal yg kt anggap mudah tp klo di kerjain malah salah ? ? ?

  35. acong on January 30th, 2010 2:37 pm

    pada dasarnya tidak ada yang sulit di dunia ini, tergantung faktor manusianya saja tidak mau berusaha dan mempersulit diri, hal ini terjadi juga pada MATEMATIKA yang konon jadi momok menakutkan bagi sebagian besar siswa. RAJIN BERLATIH dan BERDOA adalah kuncinya.

  36. acong on January 30th, 2010 2:44 pm

    help me….! klo ada ada yang mo ngasih metode ngajar matematika SD, tolong donk di kirim ke acong_tw@yahoo.com
    THANKS SO MUCH

  37. Joey wheeler on March 21st, 2010 3:00 am

    terima kasihya…. buat sarannnya…
    berguna jg bwt anak2 yang sudah duduk dibangku perkuliahan selama ngerjain uas matika….

  38. WEBY on March 21st, 2010 8:29 am

    thks yuaaaaa…….ni brguna bget bwt qu……thnks …. :D

  39. roni on March 25th, 2010 5:06 am

    saya lupa mengisi Tnggal Ujian nasional di LJK..apakah saya harus berhenti brharap LuLuS.

  40. renova on June 7th, 2010 12:48 pm

    tolong besok aq ukk bantu donk kasih jawabannya please,thankyou :):):):):)

  41. defaraihan on July 29th, 2010 10:12 am

    saya sering kesulitan pada mata pelajaran matematika…soalnya saya akan menghadapi UAS dan UASBN… thanks for saranya yaaa…

  42. sultan on August 24th, 2010 2:38 pm

    low terpaksa leh nyotek

  43. sultan on August 24th, 2010 2:40 pm

    marhaban ya ramadhan

  44. sultan on August 24th, 2010 2:45 pm

    bagi seluruh swa indonesia belajarlah sungguh” agr dpt mengharumkan nma bangsa indonesia

  45. mmaa on September 28th, 2010 2:07 pm

    say ingin tahu labih banyak tentang cara belajar matematika ???

  46. HY. Fajar IS on November 23rd, 2010 9:32 am

    hitung: (victor a X vic b) + (vic b X vic. c) + (vic. a X vic. c) jika panj. a = 5 panj. b = 12 dan panj. c = 13 jika a + b – c = 0
    tolong bantu aku terima kasih

  47. nindy verlita on February 22nd, 2011 10:43 am

    aku masih kls 6 dan aku paling bingung klu jwb mengubah pecahan ke desimal dan sebaliknya,aku juga tdk bisa mengubah persen ke desimal maupun pecahan begitu juga sebaliknya…bantu aku yach,,apalagi sebentar lagi aku akn try out,uas,un,dan apalah itu….

  48. fira on March 6th, 2011 6:00 am

    aku murid kelas 6 aku masih bingungnih tentang pelajaran matematika tolong ajarin dink kaka matematika

  49. fira on March 6th, 2011 6:00 am

    aku murid kelas 6 aku masih bingungnih tentang pelajaran matematika tolong ajarin donk kaka matematika

  50. fira on March 6th, 2011 6:01 am

    aku murid kelas 6 aku masih bingungnih tentang pelajaran matematika tolong ajarin donk kaka matematika :(

  51. Christy on March 20th, 2011 7:48 am

    Kak lain kali pada saat menghadapi ulangan aq grogi dan takut mungkin aq tdk akan naik kelas …!!?
    Triiimmzz buat tips xua krx it blh bermanfaat bg sy
    hahaha?

  52. Miela on April 17th, 2011 11:23 am

    tu masih definisi………harusnya ditambah dengan contoh real dan cara mengatasinya……..jika perlu ditambah pembahasan soal yang susah dijabarkan….klo bisa membuat 90% siswa menyukai matematika.

  53. agung on May 8th, 2011 1:23 pm

    aduh gmn yah caranya . . . . . sbentar lagi un ,tapi gk bsa . .

  54. Randi on August 21st, 2011 12:32 am

    SIP-SIP semoga Indonesia maju !!!!
    maju terus indonesiaku

  55. Randi on August 21st, 2011 12:34 am

    aku terlalu berambisi

  56. Randi on August 21st, 2011 12:35 am

    :D
    :(
    :)
    :3
    :putnam:
    <3

  57. ikwan on November 7th, 2011 1:08 pm

    seru kalau saya tidak hafalin mtk saya bisa bodoh

  58. animateholic on January 17th, 2012 4:31 am

    oke gan, tips and triknya

  59. obattradisionalkankerhati.com on February 21st, 2012 5:19 am

    Mkasih atas infonya ya mba?

  60. Salma Rahmatika Darmawan on February 23rd, 2012 8:40 am

    aduh bener banget nih. . . aku juga sering hafalan ketimbang latihan .. .makannya aku juga sering lupa , , , saya rugi jika nilai matematika saya tidak memuaskan, , ,padahal saya sudah tempelin rumus” di kekittar rumah. . . mooga aja aku dapat nilai yg maksimal di UN 2012. . .semoa allah memberkati saya AMIn

Leave a Reply




*


five × 1 =

WP-SpamFree by Pole Position Marketing

Currently you have JavaScript disabled. In order to post comments, please make sure JavaScript and Cookies are enabled, and reload the page. Click here for instructions on how to enable JavaScript in your browser.