Trik Belajar Efektif dalam Ujian

March 29, 2009 · Posted in Tips Belajar 

Bukan bermaksud untuk menggurui Anda, tapi saya akan mencoba untuk menuliskan hal-hal yang pernah saya lakukan agar dapat belajar secara efektif dan berhasil dalam menghadapi ujian.

Apakah saya selalu berhasil dalam ujian ? Tentu saja tidak, beberapa kali saya juga pernah gagal dalam menghadapi ujian. Tetapi hal itu tidak membuat saya untuk malas belajar, bahkan hal itu lebih dapat memacu saya untuk lebih tekun dan mempersiapkan strategi yang tepat. Ya, benar ada pepatah yang mengatakan bahwa kegagalan adalah awal dari keberhasilan.

Untuk dapat belajar secara efektif, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, diantaranya:

1. Persiapan
2. Memilih strategi yang tepat
3. Menjaga kesehatan dan rajin berolah raga

Persiapan
Keberhasilan dalam menghadapi ujian tidak dapat terlepas dari persiapan yang Anda lakukan. Apakah persiapan jauh-jauh hari menjamin kerberhasilan ? Tentu saja tidak. Jika Anda hanya membaca dan latihan terus menerus tanpa mengerti maksudnya, maka persiapan yang Anda lakukan percuma, walaupun itu Anda lakukan jauh-jauh hari sebelum ujian.

Lalu bagaimanakah persiapan yang efektif ?
Pada prinsipnya persiapan yang efektif adalah persiapan jauh-jauh hari sebelum Anda akan ujian. Tentu saja hal ini dimulai ketika Anda menerima materi yang akan diujikan. Mulai dari penyusunan catatan yang efektif, latihan yang teratur dan kontinu, pemilihan waktu belajar dan  mencoba untuk membuat pertanyaan dan dijawab sendiri.

Manajemen waktu juga bagian dari persiapan. Misalnya Anda akan menempuh ujian 1 bulan lagi, maka mulai Anda mengetahui jadwal  ujian tersebut, maka dari saat itu juga Anda harus mencari informasi pada orang-orang yang berpengalaman, mulai berlatih soal-soal dan membuat rangkuman. Berikut secara lengkap bagaimana membuat manajemen waktu yang baik:

Minggu 1 : mencari infomasi yang berkaitan dengan ujian, prediksi-prediksi, soal-soal tahun sebelumnya (dapat dilakukan lebih awal)

Minggu 2 : mulai mengerjakan soal-saol latihan secara kontinu dan jangan bermalas-malasan

Minggu 3: mengerjakan soal-soal yang lebih berbobot dan mencoba membuat rangkuman rumus-rumus (eksak) dan membuat garis besar apa yang sudah Anda pelajari dengan bahasa Anda sendiri (non eksak).

Minggu 4: porsi untuk belajar sedikit dikurangi untuk meredakan stress dan ketegangan ketika menghadapi ujian, dan bukan berarti Anda harus santai.

Minggu 5: menempuh ujian

Waktu yang sebaiknya digunakan untuk belajar (tergantung selera masing2), namun saya anjurkan untuk belajar sore (4-5.30) atau malam (7-8.30). Dalam belajar Anda tidak harus berlama-lama dan jangan sungkan-sungkan untuk istirahat atau tidur jika Anda benar-benar kelelahan. Dan tak lupa pula untuk belajar pada waktu pagi hari, misalnya jam 4-5.30, karena pada jam-jam inilah sebenarnya Anda dapat belajar secara tenang dan dengan pikiran yang jernih.

Namun, hambatan terbesar ketika belajar pagi adalah malas bangun dan mencoba untuk menunda waktu, ….. nantilah 10 menit lagi, …………. 30 menit lagi dan seterusnya. Untuk mengatasi ini sebenarnya cukup mudah. Buatlah alarm pada jam Anda dan siapkan 1 gelas air putih sebelum Anda tidur dan ketika Anda mendengar alarm Anda berbunyi , maka Anda diharapkan untuk sesegera mungkin untuk minum air putih yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Hal-hal tersebut harap Anda lakukan secara teratur dan kontinu, dan bukan berarti bahwa Anda harus mempersiapkannya setiap hari. Namun semuanya itu tergantung dari niat Anda sendiri.



Untuk pembelian koleksi soal dan pembahasan dari Istiyanto dapat menghubungi: email: istiyanto[at]ymail.com atau SMS/TELP.: 081227992609. Daftar koleksi soal yang dapat dibeli silakan klik disini.

Comments

30 Responses to “Trik Belajar Efektif dalam Ujian”

  1. gie on April 4th, 2009 9:49 am

    hmmmmm, yang kita butuhin skrng tuh bkan tips tapi ya kunci nya lah gimna mngerjain soal biar cepet asal bener ada gak sehhhhhhhhhhhhh…….hahahhahha

  2. An Shevaryan on April 8th, 2009 11:28 am

    Matematika adalah game

  3. An Shevaryan on April 8th, 2009 11:30 am

    Yang penting tau rumus super duper cepatnya

  4. de_yachh on April 22nd, 2009 7:28 am

    MateMatikA bwtQ 2 sUsaaaah bGt’S,walaUpun dach belajar ampe pUsiiiiiinX…..jg g’ bakalan biSa,,,,,,bUt walaUpun sUsah tapi Q tetep berUsaha agar BISA!!
    ‘cAuSe matematika i2 adL ilmU paStiiii….ya G’…?

  5. ray on May 11th, 2009 10:55 am

    dluu ww plnggg bnciii yggg nmnyaaaa ‘MATEMATIKA’ tppp bgtuuu w tw klwww MAT ituuu di pkeee di mnnn-mnnn. jddd wlpunnnn ssusahhh w ttppp mncbaaa. klwww ktaaa blmmm mncbba gmnnaa ktaa twwww ssusahnyaaaa MAT ituuu.
    ‘ CAHYO ‘

  6. BEJO on May 22nd, 2009 12:33 pm

    MULANE SINAU SING BENER BEN PUUIIINNNTEEEERRRRR………!!!!!!!

  7. PAIJO on May 22nd, 2009 12:35 pm

    NEK SINAU OJO NYONTEK KECUALI KEFEFET IYO OPO ORA!!!!

  8. ayu_z on August 2nd, 2009 5:21 am

    dll plg bnci ma matematika skarang mlh sk ma matematika tp skali222 soal smp yg kls vii d tampilin donk jgn yg kls akhir ajach,okkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk…………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  9. Little lyla on October 3rd, 2009 9:58 pm

    Ap mAng dr JmAn nbI aDAm MATEMATIKA Tu sHuLiiiiiiiiiiiiit bgd?
    Emg dsr pel matimatian!tpi w g mw mexrah d0nk,lo tmen gw bisa knp gw g?

  10. tich on November 10th, 2009 8:58 am

    hooooo…
    Smagat coy..
    kerja keras..
    tiada hasil tanpa USAHA…

  11. air on January 8th, 2010 2:07 pm

    ia sich,,,,,,,,,,,,, yang penting terus semangat yacccccccccccch,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    kita harus optimis dalam melakukan sesuatu,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,.

  12. ariinii on January 18th, 2010 5:26 am

    jaaangan sia”kan wktu ujian tinggal menghitung hari….
    jangan malas, berdoa dan belajar iahhhh………..

  13. aryani on January 19th, 2010 9:38 am

    mujur benerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr…….. tipsnya buat aqu rangking 1 terus

  14. dewa on January 27th, 2010 3:03 pm

    Mathematics i like this lesson……………………

    yeah…………

  15. kenil on February 3rd, 2010 12:40 am

    maNk cucah bLajar MATEM….. PI qTA Prlu mncoba…..gmna ea blajar matem agar cpet macuk d otaXXXX……………..

  16. Arny on February 3rd, 2010 12:47 am

    yg bikin cch dMTM 2 mnrt q cz g’ d hub dg khdpn nyata. tp np ch MTM prlu dpljrin?????. but qt ttp hrz smangt bljr,…. cayo…qt pzti llz….!!!!!!

  17. IRFA on March 8th, 2010 1:42 pm

    moga2 aq bsa lulus n’z yakin i2

  18. WINDA on March 21st, 2010 5:32 am

    duuhh …
    kllo tips ky bgtu uwdh sriing d.coba tp sama jha ,,,
    gu mw.a soal”eank pastii.a kluar …
    pusiiinkk … ne dah bljar , les , tryout ….
    tp ntar gg lulus mah k.bangetan …
    ntuh nama.a mallu”n ortu cuy …
    n mallu”.n diri sndiri …

  19. rizqiyah on March 27th, 2010 12:33 pm

    aq sih emank benci banget ma MTK…
    tapi itu dulu..
    setelah aku menekuni MTk teruz-meneruz…
    akhirnya sekarang aku uda mulai ngerti …
    bahwa kesulitan itu dateng kalo aku gak belajar dg sungguh2
    HeHeHe…

  20. rio on May 1st, 2010 6:30 am

    duh matematika susah banget seeehh gimana caranya supaya bisa mengerti ya>>>>????

  21. cLrazKAD'MASIV on September 30th, 2010 1:17 pm

    .., matematika tuhc bisa menntnk aq wt ngrjaenna…
    asyk bgd cie.. ap age lok jwbna dh ktmu.. pehhc rsana sng bgd..
    thNKz y dh ngSH Tips yg brMNFFT wt cLRA

  22. emmy on October 13th, 2010 7:04 am

    arrkkkhhh….matematika sprti coklat…mkin lama makin enak !!!
    hhahhhhhahh

  23. Hilda Komala on October 20th, 2010 3:50 pm

    I want to be a funtastic learner….

  24. Tribuana on November 7th, 2010 2:04 am

    Thank dAH bERi gW Trik BELAJAR EFEKTIF dalam ujian

  25. tifani on December 2nd, 2010 12:57 pm

    waaahh,, makasih udah dikasih tips2 nya …
    COME ON GUYS , PROVE THAT WE CAN DO IT !!!
    hahay !

  26. pitri on December 28th, 2010 1:30 am

    hmmmmmm………matematika sangat membosankan

  27. made on May 2nd, 2011 8:27 am

    i like matematika :)

  28. qya on October 29th, 2011 10:56 am

    makasih y,,
    tpi minum air putih klo bngun tdur,,trz bljr apa khasiatny y
    kalo mw pinter ya blajarlah

  29. DAVI on March 10th, 2012 2:07 am

    THANK YOU SO MUCH
    MATHEMATIC IS FUN and GOOD

  30. DAVI on March 10th, 2012 2:10 am

    SOALMATEMATIKA.COM
    MATEMATIKANYA INDONESIA

Leave a Reply




*


8 × one =

WP-SpamFree by Pole Position Marketing

Currently you have JavaScript disabled. In order to post comments, please make sure JavaScript and Cookies are enabled, and reload the page. Click here for instructions on how to enable JavaScript in your browser.