Soal Matematika – Perbandingan

January 16, 2011 · Posted in Matematika 

Soal berikut sering keluar dalam soal seleksi STAN, soal CPNS, soal-soal kompetensi yang membutuhkan logika. Jika tidak terbiasa, maka mungkin kita menganggap soal ini sulit dan membingungkan. Padahal soal ini merupakan soal Matematika tingkat SD. Perhatikan soal ini baik-baik ya.

Sekarang kita berada di tahun 2003. Perbandingan umur Ayah saya, Ibu saya dan adik saya adalah 12 : 9 : 1. Lima tahun dari sekarang, Ayah saya akan berumur 41 tahun. Pada tahun berapa adik laki-laki saya lahir.

Penyelesaian:

Umur Ayah 5 tahun dari sekarang adalah 41 tahun. Berarti umur Ayah sekarang (2003) adalah 36 tahun (41-5).

Pada tahun 2003, umur Ayah : umur Ibu : umur Adik = 12 : 9 : 1

Umur Adik/Umur Ayah  = 1/12

Umur Adik  = 1/12 x Umur Ayah = 1/12 x 36 tahun = 3 tahun.

Jadi adik lahir pada tahun 2003-3 = tahun 2000.



Untuk pembelian koleksi soal dan pembahasan dari Istiyanto dapat menghubungi: email: istiyanto[at]ymail.com atau SMS/TELP.: 081227992609. Daftar koleksi soal yang dapat dibeli silakan klik disini.

Comments

73 Responses to “Soal Matematika – Perbandingan”

  1. BAGAS on July 4th, 2011 1:13 pm

    GAMPANGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGG

  2. andromeda punjanan on July 6th, 2011 12:55 pm

    kak tolong buatin soal matematika kelas 9 semester 1 dong.. soalnya mau masuk nieh.. oke. makasih kk 🙂

  3. lorinasmp on July 7th, 2011 6:19 am

    kok bisa!! kan umur adik/umur ayah kok= 1/12 kan 1/36 karna umur ayah 36…
    jelasin dong…???

  4. lorinasmp on July 7th, 2011 6:21 am

    eehhh… maaf pas aku coba di balik hasilnya sama aja deh…. hehehe….
    tapi boleh tw gg klo misalnya angkanya dibalik apakah hasilnya tetap sama atw beda????

  5. kiki_45 on July 12th, 2011 3:14 pm

    masih blom mengerti apa yang dijelaskan … aku coba baca lagi deh

  6. wkwkwkwkw on July 15th, 2011 6:03 am

    yeeyy ! ngerti 🙂

  7. hansen on July 15th, 2011 6:04 am

    thankssss 😀 :@

  8. hansen on July 15th, 2011 6:04 am

    wkwkwwk 75689
    3

    🙂 😀 :@

  9. leon on July 15th, 2011 6:07 am

    thank ya 🙂 😀 tapi agak susah hiks..hiks 😉

  10. hansen on July 15th, 2011 6:08 am

    ng3w3 yu baby yang cantik

  11. hestirafi kamta on July 17th, 2011 8:49 am

    kk plisss ne ya kirim min soal matematika ya
    kelas 4 oke kk
    🙂 😛 ^_^ :v 8)

  12. salsa on July 18th, 2011 8:47 am

    mtk mah gampang
    kecil

  13. noviani on July 18th, 2011 11:43 am

    AKU MAU SOAL MATEMATIKA

  14. dilla on July 18th, 2011 12:53 pm

    gampanggggggggggggggggggggg……..

  15. fadilla on November 9th, 2011 9:25 am

    nie gmpang bget…
    (9)

  16. Naufal on January 12th, 2012 3:32 pm

    mau tanya nih.. namaku Naufal kelas 6 SD, aku dapat soal dari guru, bunyi soalnya adalah “Perbandingan ayah dan ibu 6:5, 10 tahun lagi perbandingan umur mereka 8:7, umur ayah dan ibu sekarang adalah berapa tahun?” bagaimana cara menyelesaikannya ya??? saya sudah coba tapi gak bisa, Puusiiiing???? bntuin ya kak???

  17. suyati on February 20th, 2012 10:11 am

    saya mau nanya soal tentang perbandingan.
    uang A : B = 2 : 3, uang B : C = 4 : 5, uang C Rp. 40.000,- jumlah uang mereka …
    tolong di bantu jawabannya, beserta penjelasannya.
    trima kasih

  18. Sewa Villa di Puncak on October 2nd, 2012 3:35 am

    Umur ayah dan ibu sekarang 40 dan 35.
    Umur 10 thn lalu ayah : 30, ibu: 25

    misalkan umur ibu = x, maka umur ayah 6/5x

    (6/5x + 10 )/(x+10) = 8/7
    8x + 80 = 42/5x + 70
    2/5x = 10
    x = 50/2 = 25

  19. Sewa Villa di Puncak on October 2nd, 2012 3:45 am

    Umur ayah dan ibu sekarang 40 dan 35, perbadingan 8: 7
    Umur 10 thn lalu ayah : 30, ibu: 25, perbandingan 6:5

    Misalkan umur ibu = x, maka umur ayah 6/5x

    (6/5x + 10 )/(x+10) = 8/7
    8x + 80 = 42/5x + 70
    2/5x = 10
    x = 50/2 = 25

  20. Aji on November 13th, 2012 12:51 pm

    Mau tanya, tolong bantu beneran bikin bingung nih soal

    Perbandingan umur ayah, ibu, dan lima kali umur anaknya sekarang
    adalah 6 : 5 : 1. Lima belas tahun yang akan datang perbandingan umur ayah, ibu, dan umur anaknya setelah dikurangi 6 adalah 9 : 8 : 2. Berapakah umur mereka 5 tahun yang akan datang

  21. yan rakka on January 6th, 2013 4:19 am

    saya mo tnya
    suatu bak air jika di isi air sampai penuh dengan pipa A memakan waktu 40 menit jika memakai pipa B selama 30menit saja, jika memakai pipa C memakan 24menit. waktu yang dibutuhkan untuk mengisi bak air dengan penuh jika menggunakan ke 3 pipa tersebut adalah???

  22. widya on December 7th, 2013 8:31 am

    mau tanya soaal..
    jika 1 kertas di potong jadi 10 n stiap ptongan di potong jadi sepuluh menjadi 532..berapa potongan kertas untuk menjadi 532 jika satu kertas di potong jadi 3 dan stiap potongan dipotong menjadi spuluh

  23. mesuet ozil on April 22nd, 2014 11:01 am

    saya suka dengan itu semua

Leave a Reply




*


WP-SpamFree by Pole Position Marketing

Currently you have JavaScript disabled. In order to post comments, please make sure JavaScript and Cookies are enabled, and reload the page. Click here for instructions on how to enable JavaScript in your browser.