Soal Matematika – Perbandingan

January 16, 2011 · Posted in Matematika 

Soal berikut sering keluar dalam soal seleksi STAN, soal CPNS, soal-soal kompetensi yang membutuhkan logika. Jika tidak terbiasa, maka mungkin kita menganggap soal ini sulit dan membingungkan. Padahal soal ini merupakan soal Matematika tingkat SD. Perhatikan soal ini baik-baik ya.

Sekarang kita berada di tahun 2003. Perbandingan umur Ayah saya, Ibu saya dan adik saya adalah 12 : 9 : 1. Lima tahun dari sekarang, Ayah saya akan berumur 41 tahun. Pada tahun berapa adik laki-laki saya lahir.

Penyelesaian:

Umur Ayah 5 tahun dari sekarang adalah 41 tahun. Berarti umur Ayah sekarang (2003) adalah 36 tahun (41-5).

Pada tahun 2003, umur Ayah : umur Ibu : umur Adik = 12 : 9 : 1

Umur Adik/Umur Ayah  = 1/12

Umur Adik  = 1/12 x Umur Ayah = 1/12 x 36 tahun = 3 tahun.

Jadi adik lahir pada tahun 2003-3 = tahun 2000.



Untuk pembelian koleksi soal dan pembahasan dari Istiyanto dapat menghubungi: email: istiyanto[at]ymail.com atau SMS/TELP.: 081227992609. Daftar koleksi soal yang dapat dibeli silakan klik disini.

Comments

73 Responses to “Soal Matematika – Perbandingan”

  1. BAGAS on July 4th, 2011 1:13 pm

    GAMPANGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGG

  2. andromeda punjanan on July 6th, 2011 12:55 pm

    kak tolong buatin soal matematika kelas 9 semester 1 dong.. soalnya mau masuk nieh.. oke. makasih kk 🙂

  3. lorinasmp on July 7th, 2011 6:19 am

    kok bisa!! kan umur adik/umur ayah kok= 1/12 kan 1/36 karna umur ayah 36…
    jelasin dong…???

  4. lorinasmp on July 7th, 2011 6:21 am

    eehhh… maaf pas aku coba di balik hasilnya sama aja deh…. hehehe….
    tapi boleh tw gg klo misalnya angkanya dibalik apakah hasilnya tetap sama atw beda????

  5. kiki_45 on July 12th, 2011 3:14 pm

    masih blom mengerti apa yang dijelaskan … aku coba baca lagi deh

  6. wkwkwkwkw on July 15th, 2011 6:03 am

    yeeyy ! ngerti 🙂

  7. hansen on July 15th, 2011 6:04 am

    thankssss 😀 :@

  8. hansen on July 15th, 2011 6:04 am

    wkwkwwk 75689
    3

    🙂 😀 :@

  9. leon on July 15th, 2011 6:07 am

    thank ya 🙂 😀 tapi agak susah hiks..hiks 😉

  10. hansen on July 15th, 2011 6:08 am

    ng3w3 yu baby yang cantik

  11. hestirafi kamta on July 17th, 2011 8:49 am

    kk plisss ne ya kirim min soal matematika ya
    kelas 4 oke kk
    🙂 😛 ^_^ :v 8)

  12. salsa on July 18th, 2011 8:47 am

    mtk mah gampang
    kecil

  13. noviani on July 18th, 2011 11:43 am

    AKU MAU SOAL MATEMATIKA

  14. dilla on July 18th, 2011 12:53 pm

    gampanggggggggggggggggggggg……..

  15. fadilla on November 9th, 2011 9:25 am

    nie gmpang bget…
    (9)

  16. Naufal on January 12th, 2012 3:32 pm

    mau tanya nih.. namaku Naufal kelas 6 SD, aku dapat soal dari guru, bunyi soalnya adalah “Perbandingan ayah dan ibu 6:5, 10 tahun lagi perbandingan umur mereka 8:7, umur ayah dan ibu sekarang adalah berapa tahun?” bagaimana cara menyelesaikannya ya??? saya sudah coba tapi gak bisa, Puusiiiing???? bntuin ya kak???

  17. suyati on February 20th, 2012 10:11 am

    saya mau nanya soal tentang perbandingan.
    uang A : B = 2 : 3, uang B : C = 4 : 5, uang C Rp. 40.000,- jumlah uang mereka …
    tolong di bantu jawabannya, beserta penjelasannya.
    trima kasih

  18. Sewa Villa di Puncak on October 2nd, 2012 3:35 am

    Umur ayah dan ibu sekarang 40 dan 35.
    Umur 10 thn lalu ayah : 30, ibu: 25

    misalkan umur ibu = x, maka umur ayah 6/5x

    (6/5x + 10 )/(x+10) = 8/7
    8x + 80 = 42/5x + 70
    2/5x = 10
    x = 50/2 = 25

  19. Sewa Villa di Puncak on October 2nd, 2012 3:45 am

    Umur ayah dan ibu sekarang 40 dan 35, perbadingan 8: 7
    Umur 10 thn lalu ayah : 30, ibu: 25, perbandingan 6:5

    Misalkan umur ibu = x, maka umur ayah 6/5x

    (6/5x + 10 )/(x+10) = 8/7
    8x + 80 = 42/5x + 70
    2/5x = 10
    x = 50/2 = 25

  20. Aji on November 13th, 2012 12:51 pm

    Mau tanya, tolong bantu beneran bikin bingung nih soal

    Perbandingan umur ayah, ibu, dan lima kali umur anaknya sekarang
    adalah 6 : 5 : 1. Lima belas tahun yang akan datang perbandingan umur ayah, ibu, dan umur anaknya setelah dikurangi 6 adalah 9 : 8 : 2. Berapakah umur mereka 5 tahun yang akan datang

  21. yan rakka on January 6th, 2013 4:19 am

    saya mo tnya
    suatu bak air jika di isi air sampai penuh dengan pipa A memakan waktu 40 menit jika memakai pipa B selama 30menit saja, jika memakai pipa C memakan 24menit. waktu yang dibutuhkan untuk mengisi bak air dengan penuh jika menggunakan ke 3 pipa tersebut adalah???

  22. widya on December 7th, 2013 8:31 am

    mau tanya soaal..
    jika 1 kertas di potong jadi 10 n stiap ptongan di potong jadi sepuluh menjadi 532..berapa potongan kertas untuk menjadi 532 jika satu kertas di potong jadi 3 dan stiap potongan dipotong menjadi spuluh

  23. mesuet ozil on April 22nd, 2014 11:01 am

    saya suka dengan itu semua

Leave a Reply




*


This blog is kept spam free by WP-SpamFree.