Soal Matematika – Perbandingan

January 16, 2011 · Posted in Matematika 

Soal berikut sering keluar dalam soal seleksi STAN, soal CPNS, soal-soal kompetensi yang membutuhkan logika. Jika tidak terbiasa, maka mungkin kita menganggap soal ini sulit dan membingungkan. Padahal soal ini merupakan soal Matematika tingkat SD. Perhatikan soal ini baik-baik ya.

Sekarang kita berada di tahun 2003. Perbandingan umur Ayah saya, Ibu saya dan adik saya adalah 12 : 9 : 1. Lima tahun dari sekarang, Ayah saya akan berumur 41 tahun. Pada tahun berapa adik laki-laki saya lahir.

Penyelesaian:

Umur Ayah 5 tahun dari sekarang adalah 41 tahun. Berarti umur Ayah sekarang (2003) adalah 36 tahun (41-5).

Pada tahun 2003, umur Ayah : umur Ibu : umur Adik = 12 : 9 : 1

Umur Adik/Umur Ayah  = 1/12

Umur Adik  = 1/12 x Umur Ayah = 1/12 x 36 tahun = 3 tahun.

Jadi adik lahir pada tahun 2003-3 = tahun 2000.



Untuk pembelian koleksi soal dan pembahasan dari Istiyanto dapat menghubungi: email: istiyanto[at]ymail.com atau SMS/TELP.: 081227992609. Daftar koleksi soal yang dapat dibeli silakan klik disini.

Comments

73 Responses to “Soal Matematika – Perbandingan”

  1. boby on January 21st, 2011 5:22 am

    saya mencari soal setastiktik

  2. boby on January 21st, 2011 5:23 am

    saya mancari soal settastiktik

  3. Hana on January 23rd, 2011 5:53 am

    Kag,,
    cara memahami pangkat and akar yg mdh t0e kyak mna zech, , ,
    :(,,susah

  4. Ariesvio on January 26th, 2011 4:40 pm

    Kunjungan malam…..nice post….bisa tukar link…mas..thanks

  5. Ariesvio on January 27th, 2011 12:33 am

    Link…di pembelajaran…silahkan tengok…thanks

  6. WendiK on January 30th, 2011 6:09 am

    oowkh iyyah saiia mengerti

  7. zufar on January 30th, 2011 9:47 am

    ribet ribet !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! aduh csch bgnt

  8. christian on February 1st, 2011 1:23 pm

    kk soalnya susah semua
    tolong bikinin soal yglebih gampang
    yah ko ya peacex_x 0_0

  9. rea jeje on February 3rd, 2011 7:24 am

    saya cari soal rumus model matewmatika dan teble nya ?

  10. nika on February 6th, 2011 6:49 am

    seruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

  11. gabriella on February 11th, 2011 5:15 am

    Kereanzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz,tapi koq aq mlh jd bingung y ????? tlng lbh d jbrkhan ?????????? please ?????

  12. nandy rivandy on February 11th, 2011 7:58 am

    jl r a kartini gg tebu

  13. kresna on February 13th, 2011 9:44 am

    aku masih bingung

  14. venna on February 13th, 2011 10:12 am

    ak suka banget sma perbandingan masalah na ……….perbandingan paling gampang bagi ak ……………I like it……………..:)

  15. rozi on February 15th, 2011 8:56 am

    soalx yg lebih gampang ya tolong susah memahaminya >.<

  16. Lina on February 18th, 2011 3:28 am

    Em,gmn ya crax menguraikan rumus2 matematik,sya bingung.;-)

  17. topan on February 18th, 2011 4:46 am

    Jalan nya ribet….B-)

  18. shelawatirahmadini on February 22nd, 2011 8:26 am

    sssst……..cmuah ribet yee jalan mtk pnjng bgt ……………….

  19. shelawatirahmadini on February 22nd, 2011 8:32 am

    rrrrrrrrrrrrrrrrrrrrriiiiiiiiiiiiibbbbbbbbbbbbbeeeeeeeeeeeetttttttt bgt mtknya!!!!!!……………..

  20. Shofi on March 7th, 2011 11:10 am

    mau tanya dong, ada yang tau link mengerjakan soal online gak? tp sekalian dikoreksi dari sananya. thanks.

  21. RIANTY on March 9th, 2011 9:36 am

    AKU MAU LULUS MAKAX SOAL SOAL X DOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOONNNNNNNNNNNNNGGGGKKK AKU BENAR2 BINGUNG MALAH IRFAN LAGI DI LPI

  22. RIO DHASIUS on March 11th, 2011 1:29 pm

    KAKAXXXX GUE NAX LULUS YEEEEE kakAX

  23. RIO DHASIUS on March 11th, 2011 1:29 pm

    mau tanya dong, ada yang tau link mengerjakan soal online gak? tp sekalian dikoreksi dari sananya. thanks.

  24. dhamz idhamz on March 13th, 2011 7:21 am

    cari soal matematika susah banget sih.

  25. mutiara on March 15th, 2011 10:15 am

    kak namaku mutiara umurku 9th q kls lima .kak q mau tanya kalau perpangkatan dan kuadrat gimana cara yang lebih mudahnya…?

  26. mahendra on March 18th, 2011 1:23 am

    umur ayah 5 tahun lagi 41 kaN BERARTI tahun 2003 umur ayah=41-5=36
    baru kita pake perbandingan nya
    12:9:1
    umur adik=perbandingan umur adk/ayah * umur ayah
    =1/12 *36
    =3
    adik lahir=2003-3=2000

  27. nuel on March 20th, 2011 1:22 am

    ahhh soal matematika g seru nihhh mending bahasa inggris hahahaaha

  28. halimah on March 22nd, 2011 8:50 am

    ih kok plajaran mtk susah deh……….@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@

  29. alvin aliev on March 26th, 2011 11:45 pm

    wah….susah!!!

  30. unknow on March 29th, 2011 12:21 pm

    yey , aku ngerti :D, makasih :)

  31. Sergij on April 14th, 2011 11:37 am

    knapa bisa begitu ???

  32. salsabila on April 15th, 2011 9:12 am

    kirimin aku soal perbandingan pake b.ingg dong yang untuk smp. di tunggu segera ya :)
    buat tgs hari senin nih, hehe :D

  33. sari on April 26th, 2011 1:58 pm

    ada soal tentang aljabar peluang ga’,,,

  34. Andhika Gunawangsa on April 29th, 2011 6:11 am

    oooooooooo
    gitu 8) hahaha…..

  35. BARCA on May 6th, 2011 1:39 am

    susah pelajaran nya gu bingung kepala gue pusing B)

  36. anida on May 7th, 2011 8:07 am

    mnta zoal mtk donk

  37. azil on May 10th, 2011 3:49 am

    nhe soal’a cacad bngetzzz ya :P

  38. azil on May 10th, 2011 3:52 am

    soal’a susah bgt :|]
    ehehehehehehehehhe

  39. fahmi on May 22nd, 2011 10:53 am

    susah-_-aku gak paham tak ada caranya^_^

  40. lukman on May 29th, 2011 2:56 pm

    aduh susah amat belajar mtk…
    pusiiiiiing…..>>>>>
    :(

  41. andika on June 1st, 2011 12:33 pm

    kk kirimin aku soal matematika kelas 7 semester 2
    plisss aku ada tugasss 100 soal aja ya kk plissss

  42. riska on June 6th, 2011 12:11 pm

    kak kirimin aku soal ulangan donk….
    kelas 4
    yahhh kak,,,soal’x yg gampang2 aja yah,,,,hehhe

  43. Khaidir ali on June 8th, 2011 2:10 pm

    Soalnya sungguh membuat otak kita berpikir keras…….
    ???????? (~_^)

  44. arif on June 9th, 2011 2:28 am

    kayake c mudah tpi ribet bngets

  45. arif on June 9th, 2011 2:39 am

    tolong dong kirimin aku soal2 tentang matematika smp dan sma

  46. arif on June 9th, 2011 2:43 am

    hae matematikamania aq punya soal olmat siapa nuy yang mau…?

  47. nathaniel on June 14th, 2011 1:13 pm

    minta web matematika untuk kelas 3 smp yg mudah di dimengerti.trimakasih

  48. rahmania on June 17th, 2011 1:19 am

    keren.keren.keren :D

  49. laluna on June 18th, 2011 3:46 pm

    kk kirimin soal kelas 2 (perkalian 1-10) plissssssssssss

  50. eprilliaa on June 28th, 2011 12:07 pm

    khag,,
    q loemb pham ne pelajaran matematika yg tentang “peluang”,,
    tolong ajarin donk.. . . !!!!

  51. BAGAS on July 4th, 2011 1:13 pm

    GAMPANGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGG

  52. andromeda punjanan on July 6th, 2011 12:55 pm

    kak tolong buatin soal matematika kelas 9 semester 1 dong.. soalnya mau masuk nieh.. oke. makasih kk :)

  53. lorinasmp on July 7th, 2011 6:19 am

    kok bisa!! kan umur adik/umur ayah kok= 1/12 kan 1/36 karna umur ayah 36…
    jelasin dong…???

  54. lorinasmp on July 7th, 2011 6:21 am

    eehhh… maaf pas aku coba di balik hasilnya sama aja deh…. hehehe….
    tapi boleh tw gg klo misalnya angkanya dibalik apakah hasilnya tetap sama atw beda????

  55. kiki_45 on July 12th, 2011 3:14 pm

    masih blom mengerti apa yang dijelaskan … aku coba baca lagi deh

  56. wkwkwkwkw on July 15th, 2011 6:03 am

    yeeyy ! ngerti :)

  57. hansen on July 15th, 2011 6:04 am

    thankssss :D :@

  58. hansen on July 15th, 2011 6:04 am

    wkwkwwk 75689
    3

    :) :D :@

  59. leon on July 15th, 2011 6:07 am

    thank ya :) :D tapi agak susah hiks..hiks ;-)

  60. hansen on July 15th, 2011 6:08 am

    ng3w3 yu baby yang cantik

  61. hestirafi kamta on July 17th, 2011 8:49 am

    kk plisss ne ya kirim min soal matematika ya
    kelas 4 oke kk
    :) :P ^_^ :v 8)

  62. salsa on July 18th, 2011 8:47 am

    mtk mah gampang
    kecil

  63. noviani on July 18th, 2011 11:43 am

    AKU MAU SOAL MATEMATIKA

  64. dilla on July 18th, 2011 12:53 pm

    gampanggggggggggggggggggggg……..

  65. fadilla on November 9th, 2011 9:25 am

    nie gmpang bget…
    (9)

  66. Naufal on January 12th, 2012 3:32 pm

    mau tanya nih.. namaku Naufal kelas 6 SD, aku dapat soal dari guru, bunyi soalnya adalah “Perbandingan ayah dan ibu 6:5, 10 tahun lagi perbandingan umur mereka 8:7, umur ayah dan ibu sekarang adalah berapa tahun?” bagaimana cara menyelesaikannya ya??? saya sudah coba tapi gak bisa, Puusiiiing???? bntuin ya kak???

  67. suyati on February 20th, 2012 10:11 am

    saya mau nanya soal tentang perbandingan.
    uang A : B = 2 : 3, uang B : C = 4 : 5, uang C Rp. 40.000,- jumlah uang mereka …
    tolong di bantu jawabannya, beserta penjelasannya.
    trima kasih

  68. Sewa Villa di Puncak on October 2nd, 2012 3:35 am

    Umur ayah dan ibu sekarang 40 dan 35.
    Umur 10 thn lalu ayah : 30, ibu: 25

    misalkan umur ibu = x, maka umur ayah 6/5x

    (6/5x + 10 )/(x+10) = 8/7
    8x + 80 = 42/5x + 70
    2/5x = 10
    x = 50/2 = 25

  69. Sewa Villa di Puncak on October 2nd, 2012 3:45 am

    Umur ayah dan ibu sekarang 40 dan 35, perbadingan 8: 7
    Umur 10 thn lalu ayah : 30, ibu: 25, perbandingan 6:5

    Misalkan umur ibu = x, maka umur ayah 6/5x

    (6/5x + 10 )/(x+10) = 8/7
    8x + 80 = 42/5x + 70
    2/5x = 10
    x = 50/2 = 25

  70. Aji on November 13th, 2012 12:51 pm

    Mau tanya, tolong bantu beneran bikin bingung nih soal

    Perbandingan umur ayah, ibu, dan lima kali umur anaknya sekarang
    adalah 6 : 5 : 1. Lima belas tahun yang akan datang perbandingan umur ayah, ibu, dan umur anaknya setelah dikurangi 6 adalah 9 : 8 : 2. Berapakah umur mereka 5 tahun yang akan datang

  71. yan rakka on January 6th, 2013 4:19 am

    saya mo tnya
    suatu bak air jika di isi air sampai penuh dengan pipa A memakan waktu 40 menit jika memakai pipa B selama 30menit saja, jika memakai pipa C memakan 24menit. waktu yang dibutuhkan untuk mengisi bak air dengan penuh jika menggunakan ke 3 pipa tersebut adalah???

  72. widya on December 7th, 2013 8:31 am

    mau tanya soaal..
    jika 1 kertas di potong jadi 10 n stiap ptongan di potong jadi sepuluh menjadi 532..berapa potongan kertas untuk menjadi 532 jika satu kertas di potong jadi 3 dan stiap potongan dipotong menjadi spuluh

  73. mesuet ozil on April 22nd, 2014 11:01 am

    saya suka dengan itu semua

Leave a Reply




*


× nine = 36

WP-SpamFree by Pole Position Marketing

Currently you have JavaScript disabled. In order to post comments, please make sure JavaScript and Cookies are enabled, and reload the page. Click here for instructions on how to enable JavaScript in your browser.