Soal Matematika Kelas VI SD Khusus Soal Cerita

November 3, 2009 · Posted in Matematika SD 

Posting ini merupakan kelanjutan dari posting saya sebelumnya. Tujuannya adalah agar soal-soal yang saya sajikan tidak terlalu banyak. Jika Anda sudah menemukan jawabannya, silahkan langsung di jawab saja pada kotak komentar yang telah disediakan.

Matematika bagi sebagian besar siswa masih dianggap sebagai merupakan mata pelajaran yang menakutkan. Entah mengapa sampai saat ini, mata pelajaran tersebut masih  ditakuti. Sulit ? Rumit ? Bermacam-macam alasan bisa dimunculkan. Padahal matematika bukanlah ilmu yang sulit dan tingkat kesuliatannya terkadang sama dengan imu-ilmu sosial. Hanya saja Matematika lebih bersifat pasti. Jadi karena kepastiannya itulah harusnya matematika lebih mudah. Download soal matematika ?

Beberapa hal yang bisa menghambat dalam belajar matematika:
1. Guru killer.
2. Pendampingan dengan siswa kurang.
3. Tidak tersedianya fasilitas belajar dan proses belajar mengajar yang mendukung.
4. Guru kurang memberi pemahaman akan pentingnya belajar matematika.
5. Masa lalu yang tidak baik dengan matematika (trauma psikis)
6. Soal-soal yang disediakan kurang menantang.
7. Metode pembelajaran yang membosankan.
8. Terbatasnya kemampuan guru/siswa.

Sebenarnya masih ada banyak alasan. Mungkin akan saya bahas di blog saya satunya.
Berikut soal-soal yang dapat Anda download.

1. Jarak kota A sampai kota B 60 km. Ali mulai bersepeda dari kota A ke kota B pukul 08.55 dengan kecepatan rata-rata 15 km/jam. Pada waktu yang sama Husen berangkat dari kota A ke kota B dengan kecepatan 20 km/jam. Setelah menempuh perjalanan 2 jam, Husen beristirahat sambil menanti Ali. Berapa lama Husen beristirahat sampai tersusul Ali ?

2. Panjang jalan yang menghubungkan desa A ke desa B 2,8 km. Jalan yang belum diaspal 14 2/7 % dari panjang jalan. Berapa meter jalan yang sudah diaspal ?

3. Seorang pengusaha fotokopi rata-rata membutuh,an 275 lembar kertas setiap 15 menit. Bila fotokopi itu rata-rata diperkerjakan selama 5 ¼  jam setiap harinya, berapa rim kertas yang dibutuhkan untuk 8 hari ?

4. Seorang pengrajin mempunyai balok kayu dengan ukuran panjang 3 m, lebar 51 cm dan tinggi 36 m. Balok itu dipotong menjadi 4 bagian sama panjang. Lebar setiap bagian dibelah menjadi 17 bagian yang sama. Berapa cm3 volume 25 bagian potongan balok itu ?

5. Di ruang pentas seni ada 3 lampu, lampu merah menyala setiap 12 detik, lampu hijau menyala setiap 15 setik, sedangkan lampu kuning menyala setiap 20 detik. Jika awalnya lampu itu menyala bersama-sama, maka setiap berapa detik lampu itu akan menyala bersama-sama lagi ?

6. Seorang pedagang membeli beras 2,04 ton. Agar penjualnnya mudah dan cepat beras itu dimasukkan ke dalam kantong-kantong  kecil. Bila isi setiap kantong rata-rata 1/5 kuintal, berapa kantong yang dibutuhkan untuk mengemas seluruh beras itu ?

7. Berat badan Ibu 5/7 berat badan Ayah. Jika berat Ayah 63 kg, berapakah berat badan Ibu ?

8. Suraya membeli 2 ½ kg gula. Sebanyak 1 ¾ kg gula dipakai untuk membuat kue. Bibinya datang memberi 2 kg gula. Berapa kg gula Suraya sekarang ?

9. Gambarlah bangun layang-layang yang mempunyai sudut atas bawah 60o serta masing-masing sudut kanan kiri 90 o !

10. Jarak kota A dengan kota B pada peta 5 cm. Skala peta 1 : 500.000. Berapa jarak sesungguhnya kota A dengan kota B ?

Selamat menikmati sajian kami.

Salam
Istiyanto



Untuk pembelian koleksi soal dan pembahasan dari Istiyanto dapat menghubungi: email: istiyanto[at]ymail.com atau SMS/TELP.: 081227992609. Daftar koleksi soal yang dapat dibeli silakan klik disini.

Comments

21 Responses to “Soal Matematika Kelas VI SD Khusus Soal Cerita”

  1. tata on December 1st, 2009 4:51 am

    pak istiyanto yang baik, gimana kalo soal tentang susul menyusul/tersusul itu diberi contoh pembahasaanya. Bingung juga nich, ngajari bocah kalo kitanya sendiri belum ngeh. tx, ya

  2. istiyanto on December 2nd, 2009 11:41 am

    @tata: pengennya sih ada pembahasan, tp karena keterbatasan waktu saya belum bisa membuat pembahasannya.

  3. agnes on January 25th, 2010 10:55 am

    wah, soalnya susah susah semua nih, saya anak kelas 6, saya minta cara caranya atau pembahasannya dong, soalnya susah banget

  4. adelya risqita dewi on March 17th, 2010 11:50 am

    aduhhhhhhhhhhhhhhhhhhh.. soalnya kok susah susah sih q bingung ngerjain lho

  5. dhila on August 5th, 2010 10:39 am

    wah soalnya susah” nich ?
    aku aja yg kls 6 lom tentu bisa ngerjain and bener cmua ..
    kasih kunci jawaban donk ..

  6. widi on August 22nd, 2010 1:29 am

    Pak, cuma sekedar ingin tahu. Cara pengerjaannya seperti berikut ini, bukan? Tolong beri tahu (apabila salah) letak kesalahannya di mana, Terima kasih.

    3 m = 300 cm
    V = 25 x ((300 cm : 4) x (51 cm : 17) x 36 cm)
    V = 25 x 75 cm x 3 cm x 36 cm
    V = 25 x 8.100 cm3
    V = 202.500 cm3

  7. widi on August 22nd, 2010 1:34 am

    Maaf, ternyata tingginya 36 m. Jadi V 1 bagian menjadi 810.000cm3. Sehingga V 25 bagian menjadi 20.250.000cm3.
    Betul tidak, Pak?

  8. laurensius adi on August 24th, 2010 10:04 am
  9. risma maulida bafadal on October 10th, 2010 10:33 am

    maaf pak,,mau tanya apa betul cara pengerjaan nomor 3 begini,,tolong disebutkan letak kesalahannya.. :

    seperempat jam=15 menit

    jadi,klu 5 jam 15 menit=315 menit

    315 menit:15 menit=21 menit,,
    275 lembar X 21=5775 lembar /hari

    jadi,,klu 5775 lembar /hari X 8 hari hasilnya yaitu

    46.200 lembar yang dibutuhkan selama 8 hari,,

    apakah betul atau salah pak??jelaskan dimna letak kesalahannya..
    soalnya aku bingung..

  10. Naufal Atallah Ramadhan on October 14th, 2010 1:05 pm

    owh…jawabannya aku suka Sindi

  11. hayati nurhayati on December 6th, 2010 7:00 am

    di belakang rumah pak win terdapat sebuah kolam berbentuk balok. panjang dan tinggi kolam sama yaitu 1,5 m. jika volume air yang dapat ditampung kolam 6,75 m3 , berapa panjang kolam? pak isi dari soal diatas apa aku ga tau soalnya ga di jelasin mohon ya pak isi dari soal di atas!

  12. pe thul on March 7th, 2011 1:23 pm

    mo bantu aja::

    risma maulidia:
    hasilnya udagh benar, tp liat pertanyaan’y. yg ditanyakan berapa rim selama 8 harai??
    1 rim= 500 lmbr, jadi 46.200/500= 92,4 rim.

    hayati nurhayati:
    itu yg ditanyakan itu panjang atau lebarnya???

    klo lebarnya yg ditanyakan maka:
    vol balok = p * l * t
    6,75 = 1,5 * l * 1,5
    l = 6,75/ (1,5*1,5)
    l = 6,75 / 2,25
    l = 3

    jd lebarnya ( l ) = 3 m

    mohon dikoreksi klo da yg salah.

  13. ruli on March 12th, 2011 5:16 am

    1. umur Roni 1 1/2 kali umur Bambang, umur Roni 5 th lebih tua dari umur Sari. Berapa th-kah umur roni?
    2. umur Doni 2 1/2 kali umur bambang,umur Toni 5 th lebih tua dari umur Tari. Berapa th-kah umur roni?

  14. rizkibagush on March 16th, 2011 12:15 pm

    waaaaaah
    gile soal_e lumayan susah yo
    bagi yg gq ngerti minta penjelasan lebih lanjut dech.
    dari goeroenya

  15. andhika pandhu on March 31st, 2011 12:05 pm

    no.4 ki jawabannya 324 dng caRa pake’ kalkulator wae soalnya dlm bhs. inggris expert =tambah susah

  16. andhika pandhu on March 31st, 2011 12:10 pm

    sudah ketemu no. 10 tp ngarang rak opo opo yg penting asyik dengan caranya:1:500.000 : 5 cm=100.000

  17. rendi on June 1st, 2011 11:46 am

    5 : 500.000 = 2500.000 gini lau gak salah……….

  18. rendi on June 1st, 2011 12:03 pm

    jawaban no. 1 ….
    dik : Mulai pemberangkatan pukul 08.55
    ali…..
    * jarak tempuh A ke B 60km,
    * kecepatan rata-rata 15km/jam
    husen………
    * jarak tempuh A ke B 60km
    * kecepatan rata_rata 20km/jam
    dit : berapa lama husen beristirahat….. ?
    penyelesaian :
    ali : jarak : waktu
    60km : 15km/jam = 4 jam
    husen : 60km : 20km/jam = 3 jam

    08.55 + 2.00 = 10.55 + 3 .00 = 13.55
    lama peristirahatan HUSEN ADALAH 3 JAM,,,,,,,
    kalau ada kesalahan tolong tegur saya makasih,

  19. rendi on June 1st, 2011 12:16 pm

    jawaban no.5

    dik : 3 buah lampu dalam ruangan,
    *lampu merah menyala 12 detik
    *lampu hijau menyala 15 detik
    *lampu kuning menyala 20 detik,
    dit : berapa detik lampu tersebut akan menyala secara bersamaan…. ?

    penyelesaian :

    12, 15, 20, 22, 25, 30…..

    jadi jawabannya setiap 30 detik sekali ketiga lampu tersebut akan menyala,,
    jika ada kesalaha tolong tegur saya, atau silahkan anda koreksi, ,makasih

  20. sally on July 22nd, 2011 11:13 am

    alo semua..bisa tolong bantu soal ini ga?
    ini soal cerita kpk dan fpb..
    kakak dan adik di belikan buku oleh ayah..jumlah buku tulis mereka berdua adalah 12.FPB dari banyak buku tulis kakak dan adik adalah 4.
    berapa buku masing – masing??

  21. sally on July 22nd, 2011 11:15 am

    Ibu membagikan kue kepada ayah dan kakak..banyak kue ayah dan kakak di kalikan hasilnya adalah 12. KPK dari kue ayah dan kakak adalah 6..berapa kue masing – masing??yg bisa tolong bantu aku yah…thank

Leave a Reply




*


− one = 3

WP-SpamFree by Pole Position Marketing

Currently you have JavaScript disabled. In order to post comments, please make sure JavaScript and Cookies are enabled, and reload the page. Click here for instructions on how to enable JavaScript in your browser.