Bilangan Pecahan

January 4, 2011 · Posted in Olimpiade Matematika 

Dalam matematika ada bilangan pecahan. Tentunya adik-adik pernah mendapat materi ini. Nah, kalau sudah pernah pasti bisa mengerjakan soal matematika ini dong. Berapakah jumlah dari bilangan-bilangan pecahan berikut !

Silahkan dihitung dulu, bagaimana jika penyebutnya disamakan dulu, tapi cari KPK dari peyebutnya ya ? Atau adik-adik punya cara yang lain ?



Untuk pembelian koleksi soal dan pembahasan dari Istiyanto dapat menghubungi: email: istiyanto[at]ymail.com atau SMS/TELP.: 081227992609. Daftar koleksi soal yang dapat dibeli silakan klik disini.

Comments

35 Responses to “Bilangan Pecahan”

  1. Darsono on January 5th, 2011 11:53 pm

    aku seneng dikirim soal-soal matematika, aku ingin menyampaikannya juga pada anak-anak didikku di sekolah…
    thaks.

  2. Bakti Fahridho on January 6th, 2011 2:29 pm

    jawabnya 3/5

  3. muhib on January 11th, 2011 3:00 pm

    saya dapat 3/5 , benar ga sih?

  4. Sigit on January 13th, 2011 3:03 pm

    Tolong ajari soal matematika dan ipa

  5. Sigit on January 13th, 2011 3:05 pm

    Tolong ajari soal uasbn matematika kelas 6 sd

  6. adif laksana on January 13th, 2011 4:28 pm

    Menggunakan sifat begini:
    1/n + 1/(n+1) = (2n+1)/(n(n+1))
    Jadi yang di atas ekuivalen dengan:
    1 – 1/2 – 1/3 + 1/3 + 1/4 – 1/4 – 1/5 + 1/5 + 1/6 – 1/6 – 1/7 + 1/7 + 1/8 -1/8 – 1/9 + 1/9 + 1/10 = 1 – 1/2 + 1/10 = 3/5

  7. sakinah besbet on January 17th, 2011 12:12 pm

    tolong ajarin donk aku pengetahuan matematika aku waktu pelajarn matematika sempat tidak belajar tttttttttttttoooooooooolllllllllloooooooooonnnnnnnngggggggggggg lah aku <3 matematika

  8. nada on January 21st, 2011 12:52 pm

    gmna caranya menghitung pecahan biasa?

  9. mahendra on January 24th, 2011 8:24 am

    3\5
    ada cara yang lebih cepat gk

  10. irene on January 25th, 2011 8:17 am

    Menggunakan KPK
    KPK na adalah 2520

    2520/2520 – 2100/2520 + 1470/2520 – 1134/2520 + 924/2520 – 780/2520 + 675/2520 – 595/2520 + 532/2520 = 1512/2520 = 3/5

  11. Zaini on February 2nd, 2011 3:20 pm

    bang, kiat rajin belajar MTK dong. melalui Email ku.. hehe

  12. fepy nuzuarsyah on February 9th, 2011 4:19 am

    mas tolong ajarkan cara mengajari anak2 sd matematika yang mudah dipahami oleh mereka donk, dan cara yang mudah untuk memecahkan masalah terhadap soal soal yang memerlukan jalan yang panjang seperti cara mengurutkan pecahan dari yang terkecil ke yang terbesar tanapa harus menyamakan penyebutnya, terima kasih atas jawabanya

  13. tika on February 11th, 2011 5:46 am

    kirim aq uga

  14. venna on February 13th, 2011 10:15 am

    gi mana sich…..cra menghitung pecahan…………????????
    padahal d skull ak dah di ajarin tpi cra na kurang ngerti………ajarin dong………spa yang mau ngajarin ak MTK…..????

  15. rizky on February 26th, 2011 5:46 am

    tapi kalo soalnya kaya gini gimana:

    0,10:2/3
    gimana caranya

  16. erika on February 26th, 2011 6:13 am

    3/5. tolong ajarin donk cara cepat matematika donk

  17. Fathasya Chairina on February 28th, 2011 2:29 am

    Aku Jawabannya 3/5 Atau

  18. Fathasya Chairina on February 28th, 2011 2:30 am

    aku udh belajar cara ini tapi caranya ribet bgt !

  19. hazri on March 3rd, 2011 8:31 am

    minta soal soal un donk plizzzzz

  20. Elfi on March 6th, 2011 9:53 am

    gmana sich cranya ngerjain soal cerita matematika dng cpet n ga’pake’ lma
    mohon bantuannya yach !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  21. angger on March 13th, 2011 12:30 pm

    bagaimana cara mengerjakan matematika dengan cepat?

  22. andi on March 13th, 2011 3:08 pm

    mas saya kan putus skolah saya bisa lah di ajrin matematika?????????????

  23. icha on March 23rd, 2011 9:07 am

    tlng ajarin matematika donx kls tiga biar bsa
    tlonx yaccccchhhhh

  24. chikacip on April 27th, 2011 12:22 pm

    1=1
    -5/6 = -1/3 -1/2
    7/12 = 1/3+1/4
    -9/20 = -1/4-1/5
    11/30= 1/5+1/6
    :
    :
    :
    :
    :
    19/90 = 1/9=1/10
    ______________ +

    1-1/2-1/10
    = 3/5
    :D
    bner ga?

  25. chikacip on April 27th, 2011 12:23 pm

    *ralat : yang 19/ 90 = 1/9+1/10

  26. andi mohamad nur fitrah on April 30th, 2011 11:27 am

    aku minta soal-soal yang tersulit dan pembahasan nya juga yaaaaaaaaaa plissssssssss (^^^)

  27. warsino on May 7th, 2011 3:22 pm

    1. ubah mnjadi bilangan pecahan biasa
    a) 0,3
    b) 2,23
    c) 5,467

    2. buatlah tahapan pembelajaran operasi bilangan bulat pada kelas rendah (3) (‘ ‘ + ” – ” x ” :)

    jawab ya kk.???

  28. warsino on May 7th, 2011 3:25 pm

    kirim ke email aku aj

  29. putri on May 11th, 2011 3:45 am

    1/4 – 3/6 =

  30. tiyo on May 31st, 2011 10:09 pm

    mas tlg mta soal bil pecahan donk…
    wat pmbuatan skripsi…
    coz aq g bsh bkn d krnkan aq bodoh…

  31. tiyo on May 31st, 2011 10:11 pm

    eh iy kirim k email y mas

  32. nova on June 20th, 2011 5:23 am

    kak, q kan lemah di pecahan matematika, tlng dong kak ajarin q cara cepat ngerjain pecahan

  33. chibi on September 13th, 2011 10:00 pm

    lupa cara na nh da xg bsa bantu ngak….?
    48/84….? brpa bntk sdrhna ?

  34. arizqia on February 22nd, 2012 10:39 am

    tlngin dong 2 x 1/2

  35. jatra on July 13th, 2012 11:58 am

    klo dri uang mau d’jdiin bil pechn gmna???

Leave a Reply




*


× 6 = thirty six

WP-SpamFree by Pole Position Marketing

Currently you have JavaScript disabled. In order to post comments, please make sure JavaScript and Cookies are enabled, and reload the page. Click here for instructions on how to enable JavaScript in your browser.