Berapakah x ?

December 19, 2010 · Posted in Olimpiade Matematika 

Berapakah x ?

Diketahui x adalah bilangan 2 digit yang nilainya adalah 13/4 dari jumlah digit-digitnya. Jika 36 ditambahkan dengan x, maka menghasilkan digit yang sama tetapi dalam bentuk kebalikkannya.

Hayooo … berapa ya nilai x ?

Nah jawabannya: x = 26. ┬áKok bisa ya … silahkan direnungkan …



Untuk pembelian koleksi soal dan pembahasan dari Istiyanto dapat menghubungi: email: istiyanto[at]ymail.com atau SMS/TELP.: 081227992609. Daftar koleksi soal yang dapat dibeli silakan klik disini.

Comments

36 Responses to “Berapakah x ?”

  1. Al Quran Online on December 22nd, 2010 1:47 pm

    sharing yang baik

  2. scania on December 28th, 2010 6:41 am

    kereeeeen!!! ada soal soal prediksi un buat smp ga ????

  3. nurul on January 4th, 2011 11:30 am

    mna soal,a

  4. adi on January 8th, 2011 4:51 am

    mana sih prediksi soal-soal siap uasbn 2011

  5. qiqi on January 11th, 2011 6:47 am

    cara dapetinnya gimana ya?:-d

  6. ajiik on January 12th, 2011 2:42 pm

    hmm… bingung, dh d’fikir tp tetep gx ktemu” caranya.
    hasilny brp ya…

  7. adif laksana on January 13th, 2011 5:00 pm

    Misalkan digit pertama dan kedua bilangan itu berturut-turut adalah a dan b. Mudah difahami bahwa x = 10a + b.
    Maka didapat:
    10a + b = x = 13(a + b)/4 atau 27a – 9b = 0 atau b = 3a
    Kemudian karena 36 + x = 10b + a dan b = 3a, maka didapat:
    36 + 10a + 3a = 30a + a atau a = 2
    Akibatnya b = 3 (2) = 6.
    Jadi bilangan tersebut adalah x = 10a + b = 20 + 6 = 26.
    Terbukti.

  8. AGUS on January 19th, 2011 8:22 am

    mana soal nya

  9. andi wahyudi on January 21st, 2011 1:47 am

    baguss jwaban kmu adif laksana snagt bagusss
    btol3x (26)
    sebab 10a+b = 20+6 =26

  10. Tezar on January 21st, 2011 11:08 am

    ya bagus ada solusi untuk mengerjakan soal olimpiade mtk

  11. padil loco on January 24th, 2011 10:32 am

    10a kale 26 :??? ? ??? ??? ??? ?????? ? ??? ??? ??? ?????? ? ??? ??? ??? ???

  12. Sinyo on February 8th, 2011 11:34 pm

    Ko’ bisa 10a+b ya????

  13. muslim on February 11th, 2011 3:45 am

    ass
    nama saya muslim saya membutuhkan kunpulan soal soal ujian soal matematika sma karena saya ingin belajar UN sebentarlagi

  14. muslim on February 11th, 2011 3:45 am

    sya membutu hkan soal soal matematika

  15. muslim on February 11th, 2011 3:46 am

    saya membutuhkan soal matematika sma tahun sekarang

  16. davs on February 12th, 2011 9:35 am

    Jawabnya 3.2

  17. Dheddea on February 12th, 2011 3:52 pm

    kirain soalx banyak lah..
    cma 1..
    :p

  18. meisha dheaneicha on February 13th, 2011 3:21 pm

    sumpah,simpah,sumpah
    this is great question. i like it !!!!

    ada yg mau share nggak tentag soal2 olimpiade sd kls 6 ???
    lg butuh bgt nih. lagian, pengen nyari soal2 yg lengkap di internet susah amat

  19. topan on February 18th, 2011 4:51 am

    maksudnya kan 10a+b= 20+6….
    gitu…….

  20. elharo on February 26th, 2011 4:11 am

    kok malah suruh merenungkan ya???
    saya ketemunya -464 hhhhhe :-)

  21. mila dan hanifah on March 14th, 2011 2:32 am

    kita juga ketemunya 26…. yee.. bener dong berarti…haha

  22. dara mulia on March 25th, 2011 1:07 pm

    saya dapatnya 39,25
    saya mau tau bagaimana ya caranya?????
    Tolong dibantu karena saya akan ikut lomba OSN
    Terima kasih

  23. Hamba Allah on April 5th, 2011 3:31 am

    Subhanallah……………….

  24. thodo on April 26th, 2011 1:13 pm

    wah keren saya bisa belajar dari sini semua soal soal mm sd

  25. chikacip on April 27th, 2011 12:12 pm

    jawabannya x=26 yaa?

  26. Tasya on May 16th, 2011 2:08 pm

    aq sih pke cara coba coba
    misal x =ab => x – 13/4 x (a+b) sehingga a + b haruslah kelipatan 4, bilangan 2 digit maksimum adalah 99 dimana 9 + 9 = 18 jadi haruslah a + b < atau = 18
    coba untuk a + b = 16 dan 12 hasilnya tidak cocok tetapi ketika di coba untuk a + b = 8 hasilnya cocok, x = 13/4 x 8 = 26 sedangkan 2 + 6 = 8
    dan ketika di jumlahkan 26 + 36 = 62 ini bilangan 2 digit kebalikan dari 26.
    jadi kesimpulan x = 26

  27. Tasya on May 18th, 2011 5:47 am

    yyyyyaaa gitu deh

  28. GMModerator on May 26th, 2011 12:38 pm

    soal matematika

  29. syty on June 2nd, 2011 11:43 am

    emmmmppphhh……
    butuh byangan soal ulangan smp nhuyyyyyyy….

  30. syty on June 2nd, 2011 11:47 am

    butuh bayangan soal ulangan smster 2 nhuyyyy….
    dh yg mau bantu??????

  31. maharani purnama sari on June 5th, 2011 1:21 pm

    ahh, aku mau ulangan tapi aku bodoh
    bagai mana yhaa
    aq mau belajar sma siapa kaka aq udah merid
    dan kaka aq pergi d’ jaya pura

  32. aldy on June 7th, 2011 9:37 am

    aku bhtu jawaban ulangn (ujian),,,,,,,,

  33. zahra on June 19th, 2011 6:55 am

    crnyx gmn? bngung

  34. dame_keket on November 13th, 2011 6:52 am

    ak mnta tlg lah ksi tw soal mm ap2 aj nnti utk ujian.

  35. no name on February 8th, 2012 3:18 pm

    ni ad soal.
    jika a+b=5 dan a^2+b^2=13 .BERAPAKAH a^3+b^3?
    nb: tanda ^ artinya pangkat

  36. MUHAMMAD MAKARIM on March 10th, 2014 1:10 pm

    BENERTU KATA TASYA

Leave a Reply




*


eight × 3 =

WP-SpamFree by Pole Position Marketing

Currently you have JavaScript disabled. In order to post comments, please make sure JavaScript and Cookies are enabled, and reload the page. Click here for instructions on how to enable JavaScript in your browser.