Berapa banyak pengunjung tersisa ?

August 16, 2010 · Posted in Olimpiade Matematika 

Dalam sebuah pesta, perbandingan banyaknya pengunjung pria dan wanita adalah 5 : 2. Jika di pesta tersebut seorang pengunjung pria pergi, maka perbandingannya menjadi 2 : 1. Banyaknya pengunjung pria yang tersisa di pesta itu adalah ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Lihat jawabannya ?
Yap, jawabannya adalah 4.
Misalkan jumlah seluruh pengunjung adalah y orang. Karena perbandingan banyaknya pria dan wanita adalah 5 : 2, maka banyaknya pria adalah:
5/(5+2) . y = 5/7 y

Jika seorang pria pergi,  maka banyaknya pria sekarang menjadi 5/7y-1. Kemudian perbandingan banyaknya pria dan wanita, setelah seorang pria pergia adalah 2 : 1. Maka banyaknya pria sekarang dinyatakan sebagai:
2/(2+1) (y-1) = 2/3 (y-1).
Diperoleh y = 7.
Jadi banyaknya pengunjung pria yang tersisa adalah:
5/7y-1 = 5-1 = 4.

Salam,
Istiyanto



Untuk pembelian koleksi soal dan pembahasan dari Istiyanto dapat menghubungi: email: istiyanto[at]ymail.com atau SMS/TELP.: 081227992609. Daftar koleksi soal yang dapat dibeli silakan klik disini.

Comments

37 Responses to “Berapa banyak pengunjung tersisa ?”

  1. fransiska on August 27th, 2010 3:06 am

    aku masih kurang ngerti nih om ……………….. coba jelaskan yg agak terperinci dan mudah untuk dipahami

  2. Limyandi on September 2nd, 2010 9:17 am

    Neh kyk gini… Bila prtama pria 5:2 wanita dan 1 0rang pergi mnjadi 2:1 maka kita harus samakan satuan wanitanya
    Pria(5:2)wanita Pria(2:1)wanita
    Pria(5:2)wanita Pria (4:2) wanita
    maka jika 1 orang pergi maka satu dari pria pergi mnjadi 4:2 maka 1 banding adalah 1 pria… maka jawabannya 4

  3. jeffrey on September 6th, 2010 11:26 am

    klo gitu shi gampang buanget 5:2 kn sama aja 5orang pria 2 org wanita
    keluar 1 pria jadinya 2:4 = 2 : 2 1
    —— = –
    4 : 2 2
    =1:2 hahahaha!!!!!!!!!
    <(")

  4. dany on September 11th, 2010 7:49 pm

    menurut saya jawaban itu kurang dpat dimenGerti..
    Karena PenemPatan VariAbel’a Kurang Tepat dgb KOnstanta’a..

    seHIngga PemBaca Kurang Mengetahui Cara Pengerjaan’a…
    Mohon Lebih diPerhatikan..
    Thank you..
    Gbu

  5. widya kartika on September 14th, 2010 3:49 am

    om,, tolong carikan informasi buat olimpiade matematika dong,,, aku pengen ikut

  6. Sisca on September 23rd, 2010 5:16 am

    Iya tuh variabelnya agak membingungkan…
    dan agak kurang nyambung jadi orang kurang mengerti
    cara mudah juga bisa
    x = 5 : 2 = 2 :1
    x = 5/2 x 2/1
    x = 10/2 =5
    jadi 5 – 1 = 4

  7. marry on September 28th, 2010 12:37 am

    aqwh kurang mngerti.,.,..
    coba cara yg terperinci itu gmna gt ka’,.,.,.,?
    tolong.,.,.
    mkasih yaw,.,.,

  8. tato mintardjo on October 1st, 2010 4:40 am

    menurut hemat saya seharusnya dihitung dari pihak perempuannya, karena jumlah perempuan tetap sama walau perbadingannya berubah. kira-kira sbb:

    L : P = 5 : 2 L + P = Y
    setelah 1 laki-laki pergi menjadi
    L : P = 2 : 1 L + P = Y – 1

    Jumlah perempuan di perbandingan pertama adalah
    2/7 Y
    Jumlah perempuan di perbandingan kedua adalah
    1/3 (Y-1)
    jadi

    2/7 Y = 1/3 (Y-1) lalu 2/7 Y = 1/3 Y – 1/3 lalu 2/7 Y – 1/3 Y = – 1/3
    (6-7)/21 Y = – 1/3 lalu – 1/21 Y = – 1/3 sehingga Y = 7

    jadi jumlah laki-laki setelah ada yang pergi adalah
    2/3 (Y-1) = 2/3 x 6 = 4 orang

  9. taqi on October 2nd, 2010 9:43 am

    kurang megerti coba dong di ubah y nya

  10. hera purwita maharani on October 2nd, 2010 10:18 am

    sebenernya qw sudah kelas 6. tapi, qw sudh lupa …… belum sasuk ke otak qw jadi, biar masuk ke otak qw jelasin donk …………………………………………… ok!!!!!!!!

  11. gita nur fitriana sari on October 5th, 2010 11:29 am

    lumayan pahan sedikit

  12. gita nur fitriana sari on October 5th, 2010 11:34 am

    jdi x=5:2:1
    x=5/2×2/1
    x=10/2=5
    hasilnya adalah 5-1=4
    ea kan

  13. linda on October 5th, 2010 12:16 pm

    kak kayaknya aku tidak mengerti deh..????

  14. nabila on October 20th, 2010 10:13 am

    haduh aku kurang ngerti makutnya nih..

  15. mustafa on October 22nd, 2010 5:24 am

    ok ok
    saya ngerti kogh,,

  16. chi_chi on October 27th, 2010 7:27 am

    kurang ngerti nich,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  17. dhilentavarilishy_chilovers on November 3rd, 2010 7:27 am

    blum…….ngerti nich,,,,,,,

    klo blh jelasin lebih, mendalam yach……

    thanks…..

    >,<

  18. kak umar on November 12th, 2010 3:30 am

    ce’ angele……..
    dah tw jwbnnya za g’ bZa ngerjain…….

  19. fitrisia on November 22nd, 2010 12:29 pm

    y itu maksudnya apa ya

  20. aminah on November 23rd, 2010 7:38 am

    gag mudeng blazzzzzzz ……. jelasin doooong

  21. firda dan anggi on November 23rd, 2010 7:39 am

    klo bkn soal olmpde mtk jngn yng ssh ya.nti klau trlu ssh psng mkr nya.

  22. Rini on November 23rd, 2010 8:21 am

    susah nih om………………… bingung aq , maksudnya bagaimana??????????????

  23. ninda on November 23rd, 2010 8:23 am

    kok ssah ommmmmm jangan susah 2x donggggggggggggggg……………..

  24. Rini on November 23rd, 2010 8:24 am

    SUSAH……………………………………………………………………..OM………………………

  25. seva on November 23rd, 2010 8:27 am

    aq aja ngerti om………………………………………..makacih om………………….

  26. No2k on November 23rd, 2010 9:12 am

    Pusing amat sih…!!
    Kalau gini gimana….?
    Perbandingan Pria dan wanita adalah 5 : 2, artinya :
    Jumlah Pria = 5
    Jumlah Wanita = 2
    Nah, kalau salah satu dari pria itu pergi, berarti kan tinggal kita kurangkan jumlah Pria semula dengan jumlah pria yang pergi…jadi 5 – 1 = 4.
    Selesai to…???
    Lalu kenapa perbandingan Pria dan wanita menjadi 2 : 1 ?
    itu begini sejarahnya….
    Jumlah awal pria = 5
    Jumlah awal wanita = 2
    Jumlah pria setelah yg satu pergi = 4
    sementara jumlah wanita, sama yaitu = 2
    sekarang perbandingan pria dan wanita menjadi 4 : 2 = 4/2, kalau di sederhanakan dengan membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama, yaitu 2…
    maka 4/2 = (4 : 2)/ (2 : 2)= 2/1 atau dalam perbandingan adalah 2 : 1

  27. hilmy on December 5th, 2010 12:27 am

    gila susuah juga ya saya pengen perkalian tapi kok pembagian semua ya saya kan masih kelas 3

  28. Riski on December 31st, 2010 8:56 am

    Hahahahaha ada yg tau cuman satu

  29. milani ernawati on January 6th, 2011 9:34 am

    aku gak terlalu ngerti maksudya gmana sichh????
    tolong jelasin ya……….OM……!!!!!!

  30. dephie on January 24th, 2011 10:10 am

    ya qw ngrti..!!!

  31. OWTAN on February 26th, 2011 3:20 pm

    Numpang EXIS

  32. Rizki Firman on April 3rd, 2011 1:09 pm

    om try out kota saya agak susah om .
    bagaimana cara mengatasinnya ? bantu saya ya om saya mohon . thangs .

  33. pras on April 18th, 2011 7:56 am

    sebentar lagi un baagaimana cara mengatasi tolong bantu saya thangs

  34. reni on April 30th, 2011 1:23 am

    sebuah jembatan tol menarik bayaran rp 4 untuk sebuah mobik dan rp 6 untuk sebuah truk .Pada suatu hari ada 200 kendaraan (mobil atau truk) menyeberangi jembatan ini dan totalnya membayar rp 860 .Berapa banyak dari kendaraan -kendaraan tersebut yang merupakan truk ?

  35. Nrd Nurrohmah on May 6th, 2011 9:15 am

    Okh…gitu ya…tapi juijur ku masih kurang ngerti

  36. allysa on June 4th, 2011 9:35 am

    aku kurang mengerti karena setau aku itu jawabannya 4

  37. Zulfi on July 1st, 2011 7:54 am

    emangnya di soal itu hasil dari persamaannya y=7?? salah dehh.. itung lagi om..

Leave a Reply




*


eight × = 8

WP-SpamFree by Pole Position Marketing

Currently you have JavaScript disabled. In order to post comments, please make sure JavaScript and Cookies are enabled, and reload the page. Click here for instructions on how to enable JavaScript in your browser.